Senin, 18 Juli 2011

Potensi Wisata Spiritual Di Wonosobo

Potensi wisata spiritual di wonosobo tak kalah menariknya dengan wisata alam. Wisata spiritual di wonosobo salah satunya adalah pengambilan air suci di 7 sumber mata air yang akan digunakan dalam prosesi birat sengkolo dalam rangka menjelang hari jadi wonosobo. Dan kebetulan saya ikut serta dalam perjalanan tersebut dan berhasil mendokumentasikannya dalam bentuk foto maupun video. 7 sumber mata air tersebut meliputi : Tuk Bimolukar (Dieng), Goa Sumur (Dieng), Tuk Mudal (Mudal), Tuk Surodilogo (Desa Pagerejo), Tuk Tempurung (Desa Jaraksari), Tuk Kaliasem (Desa Gondang), dan yang terakhir Tuk Mangli (Desa Kejiwan).Yang menarik dari acara tersebut antara lain cara pengambilan air yang diikuti dengan prosesi bakar menyan dan persembahan sesaji-sesaji yang dilakukan oleh sesepuh yang tergabung dalam HPK (Himpunan Penghayat Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Sebagian orang memiliki pemikiran bahwa prosesi diatas merupakan sesuatu yang bisa dibilang musrik, namun dibalik semua itu terselip makna yang sangat dalam. Dan setiap sumber mata airnya pun memiliki makna yang berbeda-beda pula. Saya pun sedang mempelajari makna tersebut dari salah satu sesepuh yang pernah saya temui. Berikut ini akan saya sertakan beberapa foto yang sempat saya dokumentasikan dalam acara tersebut diatas.

Tuk Bimolukar





Goa Sumur



Tuk Mudal




Tuk Surodilogo




Tuk Tempurung



Tuk Kaliasem






Tuk Mangli


Tidak ada komentar:

Posting Komentar